Rabu, 06 April 2016

History : Sejarah Sosial Media


Sosial media merupakan hal yang gak bisa dilepaskan dari kehidupan kaum urban zaman ini. Sebelum kita mengenal Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan social media lainnya, ternyata ada perjalanan panjang sejarah sosial media dimulai dari tahun 1994. Apa saja itu?

1. Geocities (1994)

Didirikan oleh David Bohnett dan John Rezner lalu dibeli oleh Yahoo pada tahun 1999. Namun pada tahun 2009 versi Amerika dihentikan, kala itu penggunanya mencapai 38 juta.
2. TheGlobe.com (1995)

Sosial media ini pada awalnya dibangun oleh Stephan Paternot dan Todd Krizelman 2 orang mahasiswa dari Cornell University. TheGlobe.com berhenti pada 2003 meski beralih bisnis.
3. Planetall (1996)

Situs ini sepertinya situs yang sangat digemari para akademisi dan pekerja. Situs ini memang tidak ada lagi yang dulunya mengakomodir 100.000 grup. 2 tahun kemudian dibeli Amazon.com namun ditutup. Sebanyak 1,5 juta pengguna kecewa.
4. Sixdegrees.com

Sosial media ini sempat menjadi sensasi karena dalam tempo singkat dapat meraih 1 juta pengguna. Sixdegrees.com merupakan inspirasi sosial media terkenal saat ini seperti Facebook, MySpace, dan Linkedin. 2 tahun kemudian dibeli YouthStream Media Network senilai 125 juta dolar.
5. Blogger (1999)

Platform bagi para penulis masif. Kenapa penulis masif? Karena blog bukan seperti Facebook/Twitter yang mampu menampung status singkat dan mode cepat, blogger tidak. Karena pesonanya begitu menarik, Blogger akhirnya dibeli oleh Google.com pada 2003.
6. Makeoutclub.com (2000)

Sosial media ini sebenarnya di rilis tahun 1999, namun dikenal luas pada tahun 2000. Misi sosial media ini adalah untuk menarik penggemar musik dan subkultur. Sayang kurang dapat simpati, hanya mampu meraih 130 ribu pengguna.
7. Friendster (2002)

Si zombie. Julukan itu tepat untuk Friendster yang sudah lama mati dan ditinggalkan namun pada tahun 2016 bangkit “dari kuburnya”. Didirikan oleh programmer Kanada Jonathan Abrams. Tahun 2008 sudah meraih 115 juta pengguna (hal yang kecil memang jika dibandingkan dengan pengguna sosial media saat ini). 14 Juni lalu tampaknya situs ini bubar gerak!
8. Myspace (2003)

Situs nomor satu selama medio 2005-2008 dengan co-owner Justin Timberlake. Maklum, pendapatannya 4 tahun silam mencapai 109 juta dolar. Jumlah pengguna pada 2 tahun silam sudah tembus 38 juta orang.
9. HI5

Sempat dikatakan sebagai sosial network nomor 2 setelah MySpace pada 2007. Lalu turun jadi nomor 3 dibawah MySpace dan Facebook pada 2008. Desember 2011 Hi5 hampir menjadi mayat sebelum akhirnya di beli oleh Tagged.
10. Linkedin

Dirilis bulan Mei dan memantapkan posisi bagi kaum profesional. 3 tahun kemudian meraup pengguna hingga 20 juta orang, pada Oktober 2015 mencapai 400 juta orang.
11. Facebook (2004)

Didirikan oleh 5 sekawan, salah satunya Mark Zuckerberg. Agustus 2015 jumlah pengguna aktif mencapai 1,18 miliar di seluruh dunia. Pendapatan tahun silam sejumlah 12,5 juta dolar.
12. BEBO (2005)

Dibangun oleh suami-istri, Michael dan Xochi Birch yang merupakan akronim dari Blog Early Blog Often (ntah apa maksudnya). Sempat naik turun perjalanannya. Hingga awal Januari 2015 lalu dirilis versi terbaru dan mengusung tagline “Probably Not fo Boring People”.
13. RenRen

Lahir di Tiongkok pada kalangan kampus. Semula bernama Xiaonei. Tahun 2010 RenRen meraup untung hingga 76 juta dolar.
14. Twitter (2006)

Dibangun oleh Jack Dorsey pada 15 Juli 2006. Twitter berkonsepkan micro-blogging dengan mengusung 140 karakter per tweet. Nama asli dari Twitter adalah Twttr dengan berlambangkan burung yang dinamakan Larry Birds, diambil dari nama seorang legenda NBA. Tahun 2015 penggunanya mencapai 500 juta orang (masih kalah dari Facebook) dengan yang aktif sebanyak 302 juta.
15. Badoo

Ini merupakan sosial media paling aneh. Bukan karena bentuknya tapi sejarahnya. Lahir di Inggris sementara di buat oleh developer berkebangsaan Rusia tetapi populer di Amerika Latin. Badoo versi Amerika baru dirilis tahun 2012.
16. Tumblr (2007)

Berbasis micro-blogging, perjalanan Tumblr biasa saja hingga di beli oleh Yahoo. Awal Desember 2015 lalu, Tumblr mengklaim penggunanya mencapai 266 juta.
17. Sina Weibo (2009)

Sama seperti Twitter dan Tumblr, Sina Weibo juga berbasis micro-blogging. Sina Weibo merupakan hibrid antara Twitter dan Facebook. Akhir 2012 mengumumkan penggunanya telah mencapai 530 juta.
18. Instagram (2010)

Mengusung tema situs berbagi foto, 2 tahun setelah rilisnya dibeli oleh Facebook. Hingga akhir 2014 jumlah penggunanya telah tembus 300 juta.
19. Pinterest

Ben Sibermann (CEO Pinterest) menyatakan Pinterest sebagai catalog of ideas. Faktanya kemudian menjadi tempat berbagi foto. Tahun 2011 keluar versi mobile (iOS).
20. Google+ (2011)

Yang paling baru namun kurang familiar di Indonesia, Google+. Setelah sukses merambah dunia search engine, Google.com melebarkan sayapnya ke sosial media. Google+ merupakan jelmaan dari Orkut (media sosial Brasil yang dibeli Google), Google Buzz, dan Google Friend Connect. Dalam tempo 2 minggu saja sejak dirilis merih pengguna hingga 10 juta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berikan komentar anda :D