Sosial
media merupakan hal yang gak bisa dilepaskan dari kehidupan kaum urban zaman
ini. Sebelum kita mengenal Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan social media
lainnya, ternyata ada perjalanan panjang sejarah sosial media dimulai dari
tahun 1994. Apa saja itu?
1. Geocities (1994)
Didirikan
oleh David Bohnett dan John Rezner lalu dibeli oleh Yahoo pada tahun 1999. Namun
pada tahun 2009 versi Amerika dihentikan, kala itu penggunanya mencapai 38
juta.
2. TheGlobe.com (1995)
Sosial
media ini pada awalnya dibangun oleh Stephan Paternot dan Todd Krizelman 2
orang mahasiswa dari Cornell University. TheGlobe.com berhenti pada 2003 meski
beralih bisnis.
3. Planetall (1996)
Situs
ini sepertinya situs yang sangat digemari para akademisi dan pekerja. Situs ini
memang tidak ada lagi yang dulunya mengakomodir 100.000 grup. 2 tahun kemudian
dibeli Amazon.com namun ditutup. Sebanyak 1,5 juta pengguna kecewa.
4. Sixdegrees.com
Sosial
media ini sempat menjadi sensasi karena dalam tempo singkat dapat meraih 1 juta
pengguna. Sixdegrees.com merupakan inspirasi sosial media terkenal saat ini
seperti Facebook, MySpace, dan Linkedin. 2 tahun kemudian dibeli YouthStream
Media Network senilai 125 juta dolar.
5. Blogger (1999)
Platform
bagi para penulis masif. Kenapa penulis masif? Karena blog bukan seperti
Facebook/Twitter yang mampu menampung status singkat dan mode cepat, blogger
tidak. Karena pesonanya begitu menarik, Blogger akhirnya dibeli oleh Google.com
pada 2003.
6. Makeoutclub.com (2000)
Sosial
media ini sebenarnya di rilis tahun 1999, namun dikenal luas pada tahun 2000. Misi
sosial media ini adalah untuk menarik penggemar musik dan subkultur. Sayang kurang
dapat simpati, hanya mampu meraih 130 ribu pengguna.
7. Friendster (2002)
Si
zombie. Julukan itu tepat untuk Friendster yang sudah lama mati dan ditinggalkan
namun pada tahun 2016 bangkit “dari kuburnya”. Didirikan oleh programmer Kanada
Jonathan Abrams. Tahun 2008 sudah meraih 115 juta pengguna (hal yang kecil
memang jika dibandingkan dengan pengguna sosial media saat ini). 14 Juni lalu
tampaknya situs ini bubar gerak!
8. Myspace (2003)
Situs
nomor satu selama medio 2005-2008 dengan co-owner Justin Timberlake. Maklum,
pendapatannya 4 tahun silam mencapai 109 juta dolar. Jumlah pengguna pada 2
tahun silam sudah tembus 38 juta orang.
9. HI5
Sempat
dikatakan sebagai sosial network nomor 2 setelah MySpace pada 2007. Lalu turun
jadi nomor 3 dibawah MySpace dan Facebook pada 2008. Desember 2011 Hi5 hampir
menjadi mayat sebelum akhirnya di beli oleh Tagged.
10. Linkedin
Dirilis
bulan Mei dan memantapkan posisi bagi kaum profesional. 3 tahun kemudian meraup
pengguna hingga 20 juta orang, pada Oktober 2015 mencapai 400 juta orang.
11. Facebook (2004)
Didirikan
oleh 5 sekawan, salah satunya Mark Zuckerberg. Agustus 2015 jumlah pengguna
aktif mencapai 1,18 miliar di seluruh dunia. Pendapatan tahun silam sejumlah
12,5 juta dolar.
12. BEBO (2005)
Dibangun
oleh suami-istri, Michael dan Xochi Birch yang merupakan akronim dari Blog
Early Blog Often (ntah apa maksudnya). Sempat naik turun perjalanannya. Hingga awal
Januari 2015 lalu dirilis versi terbaru dan mengusung tagline “Probably Not fo
Boring People”.
13. RenRen
Lahir
di Tiongkok pada kalangan kampus. Semula bernama Xiaonei. Tahun 2010 RenRen
meraup untung hingga 76 juta dolar.
14. Twitter (2006)
Dibangun
oleh Jack Dorsey pada 15 Juli 2006. Twitter berkonsepkan micro-blogging dengan
mengusung 140 karakter per tweet. Nama asli dari Twitter adalah Twttr dengan
berlambangkan burung yang dinamakan Larry Birds, diambil dari nama seorang
legenda NBA. Tahun 2015 penggunanya mencapai 500 juta orang (masih kalah dari
Facebook) dengan yang aktif sebanyak 302 juta.
15. Badoo
Ini
merupakan sosial media paling aneh. Bukan karena bentuknya tapi sejarahnya. Lahir
di Inggris sementara di buat oleh developer berkebangsaan Rusia tetapi populer
di Amerika Latin. Badoo versi Amerika baru dirilis tahun 2012.
16. Tumblr (2007)
Berbasis
micro-blogging, perjalanan Tumblr biasa saja hingga di beli oleh Yahoo. Awal Desember
2015 lalu, Tumblr mengklaim penggunanya mencapai 266 juta.
17. Sina Weibo (2009)
Sama
seperti Twitter dan Tumblr, Sina Weibo juga berbasis micro-blogging. Sina Weibo
merupakan hibrid antara Twitter dan Facebook. Akhir 2012 mengumumkan
penggunanya telah mencapai 530 juta.
18. Instagram (2010)
Mengusung
tema situs berbagi foto, 2 tahun setelah rilisnya dibeli oleh Facebook. Hingga akhir
2014 jumlah penggunanya telah tembus 300 juta.
19. Pinterest
Ben
Sibermann (CEO Pinterest) menyatakan Pinterest sebagai catalog of ideas. Faktanya kemudian menjadi tempat berbagi foto. Tahun
2011 keluar versi mobile (iOS).
20. Google+ (2011)
Yang
paling baru namun kurang familiar di Indonesia, Google+. Setelah sukses
merambah dunia search engine, Google.com melebarkan sayapnya ke sosial media. Google+
merupakan jelmaan dari Orkut (media sosial Brasil yang dibeli Google), Google
Buzz, dan Google Friend Connect. Dalam tempo 2 minggu saja sejak dirilis merih
pengguna hingga 10 juta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan berikan komentar anda :D